Apakah Anda ingin pergi berlibur bersama anggota keluarga Anda menjelang liburan akhir tahun nantinya? Untuk menikmati perjalanan Anda menuju ke berbagai objek atau berbagai destinasi wisata yang akan Anda tuju, ada banyaks ekali pilihan moda transportasi yang bisa Anda pilih. Mulai dari kapal laut, pesawat udara, bus hingga Anda juga bisa menempuh perjalanannya dengan memilih kereta api. Tidak perlu repot-repot karena kini Anda sudah bisa pesan tiket kereta dengan cara yang mudah yaitu secara online. Anda bisa beli tiket kereta ini kapan saja dan juga dimana saja Anda berada. Bagi Anda yang belum pernah sama sekali memesan tiketnya secara online maka tidak perlu khawatir, karena berikut cara pesan tiket kereta api online dan juga beberapa tips yang bisa Anda dapatkan nantinya.

Langkah 1. Buka Mesin Pencari Untuk Memesan Tiket Online

Kemudahan teknologi saat ini bisa Anda manfaatkan untuk memudahkan segala urusan Anda termasuk juga dengan membeli tiket kereta api online. Anda bisa menggunakan laptop Anda, atau juga bisa dengan menggunakan smartphone Anda saat ingin memesan tiket kereta api tersebut. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk memesan tiketnya adalah dengan cara membuka mesin pencarian baik itu dengan menggunakan google chrome atau juga Mozilla Firefox atau juga mesin pencarian lainnya yang Anda sukai. Jika sudah, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu dengan cara mengetik alamat atau juga website resmi PT. KAI.

 

Adapun alamat resminya adalah Kai.id. Jika sudah, maka langkah selanjutnya yaitu Anda tekan enter lalu tunggu perintah selanjutnya. Tahukah Anda jika ternyata dalam pesan tiket kereta api secara online ini Anda juga akan dimudahkan dengan kehadiran aplikasi KAI Access yang bisa Anda download terlebih dahulu di Google Play. Aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk pesan tiket kereta api setiap waktu jika Anda butuhkan.

Langkah 2. Isi Destinasi Tujuan Anda

Adapun langkah selanjutnya yang harus Anda ketahui dalam cara pesan tiket kereta api online ini yaitu, Anda akan menemukan halaman resmi PT KAI yang tadi sudah Anda cari di mesin pencarian. Nanti Anda akan melihat pada bagian sebelah kiri adanya menu pemesanan tiket. Pada menu pemesanan tiket tersebut Anda wajib untuk mengisi destinasi tujuan Anda. Mulai dari stasiun awal keberangkatan Anda hingga ke stasiun tujuan destinasi wisata yang nantinya akan Anda kunjungi bersama keluarga tercinta. Hal yang paling penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan jika Anda pesan tiket kereta api online yaitu dengan mengisi tanggal keberangkatan Anda hingga banyaknya jumlah kursi penumpang yang Anda pesan.

Jika Anda sudah lakukan, maka nantinya akan muncul pada layar laptop atau smartphone Anda daftar rinciannya. Daftar rincian tersebut biasanya berupa nama kereta api yang nantinya akan Anda tumpangi, jam keberangkatannya hingga juga jam tiba Ada di stasiun tujuan. Anda juga nantinya akan melihat durasi atau lamanya waktu perjalanan yang Anda lalui sehingga dengan demikian akan memudahkan bagi orang yang nanti akan menjemput Anda ke stasiun tujuan. Pada daftar rinciannya tersebut biasanya juga akan tertera biaya yang harus Anda bayarkan untuk harga tiketnya.

 

Tips lain yang harus Anda ketahui jika Anda pesan tiket kereta api secara online yaitu pastikan jika Anda membeli tiketnya sesuai dengan kondisi keuangan Anda, Anda juga harus memperhatikan tiket atau juga karcis yang tersedia. Biasanya jika tiket kereta tersebut masih tersedia, maka akan muncul menu pesan, namun jika tiket atau karcis tersebut sudah habis maka biasanya akan ditulis tiket sudah habis.

Langkah 3. Registrasi atau Login

Adapun langkah selanjutnya dalam cara pesan tiket kereta api online adalah dengan cara login ke akunnya atau dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Bagi Anda yang sudah memiliki akun, maka ketika membeli tiket kereta tersebut Anda bisa langsung saja login dengan memasukkan email dan password Anda atau juga Anda bisa juga login dengan menggunakan nomor telepon Anda. Namun bagi Anda yang masih belum memiliki akun, maka wajib bagi Anda registrasi terlebih dahulu. Tidak hanya itu saja siapa sangka jika Anda juga bisa pesan tiket kereta api online ini tanpa memiliki akun dan tidak mendaftar sekalipun. Anda hanya perlu klik pesan tanpa daftar sehingga nantinya tiket Anda bisa dipesan.

 

Jika Anda sudah pesan, maka nantinya akan muncul informasi mengenai reservasi kereta api Anda. Pastikan jika Anda membacanya secara jeli sebelum Anda menekan tombol lanjutkan pada bagian bawahnya. Anda harus mengecek mulai dari nama kereta api Anda, jam keberangkatannya, kelas tiket kereta api online yang Anda pesan, apakah kelas ekonomi atau tidak hingga tujuan atau asalnya. Jika sudah benar, maka selanjutnya klik lanjutkan.

Langkah 4. Isi Identitas Penumpang

Tahukah Anda jika mengisi identitas penumpang secara benar, ini menjadi hal yang sangat penting ketika Anda pesan tiket kereta api secara online. Anda harus mengisi identitas Anda yang sesuai dengan kartu tanda pengenal Anda. Mulai dari KTP, Passport hingga juga bisa dengan mengisinya dengan menggunakan SIM. Selanjutnya Anda harus menekan kotak centang yang ada tulisan saya bukan robot dan selanjutnya.

 

Jika sudah, maka nantinya akan muncul informasi mengenai penumpang, selain itu Anda juga akan mengetahui mengenai informasi tentang harga tiket Anda dan juga beberapa pilihan pembayaran yang nanti bisa Anda lakukan. Bagi Anda yang ingin mengganti posisi kursi atau tempat duduk Anda, Anda juga bisa melakukannya dan cara klik pindah dan juga tentukan pilihan tempat duduk yang benar. Jika semuanya sudah benar, maka Anda selanjutnya klik untuk pilih cara pembayarannya. Dan klik selanjutnya.

Langkah 5. Metode Pembayaran

Ada beberapa pilihan pembayaran yang bisa Anda pilih, mulai dari ATM, dengan menggunakan E-pay BRI, hingga Anda juga bisa dengan menggunakan Visa Mastercard. Dan masih banyak lagi pilihan Bank lainnya yang bisa Anda pilih dan juga gunakan ketika melakukan pembayaran tiket kereta api online ini. Pastikan jika Anda membayarnya sesuai dengan Bank yang Anda miliki. Jika Anda sudah membayarnya, maka nantinya akan muncul kode booking. Selain itu biasanya kode booking ini juga akan dikirimkan ke email Anda jika Anda mendaftar atau membuat akun dengan melalui email Anda.

 

Pastikan jika Anda mencatat kode booking ini. Karena kode booking inilah yang nantinya akan Anda gunakan untuk mencetak tiket yang sudah Anda pesan tadi. Anda bisa mencetak tiket kereta api ini di stasiun keberangkatan Anda. Namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan jika Anda datang lebih awal sekitar satu jam sebelum keberangkatan. Nah itu dia cara pesan tiket kereta api online yang mudah yang bisa Anda lakukan.